• Minggu, 14 Agustus 2022

Bunga Anggrek yang Mempersatukan Hubungan Persahabatan Indonesia dan Korea Utara

- Jumat, 17 September 2021 | 16:33 WIB
Bunga Anggrek yang Mempersatukan Hubungan Persahabatan Indonesia dan Korea Utara
Bunga Anggrek yang Mempersatukan Hubungan Persahabatan Indonesia dan Korea Utara

KULTURNATIV.COM - Sejumlah pelaku seni tengah mempertunjukan pagelaran seni bertajuk “Arirang” di Kampung Babakan Sumedang. Kabupaten Bandung.

Arirang sendiri adalah sebuah kata dari bahasa korea umum (korea utara dan korea selatan) yang berarti kekasih yang cantik, hal ini diibaratkan hubungan diplomatik Indonesia dengan Korea Utara bagaikan Arirang.

Dalam pagelaran ini dilaksanakan dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat, rangkaian acara yang ada didalamnya yakni tradisional eksperimental, puisi, dan tari.

Baca Juga: 16 September, Sejarah Peringatan Hari Ozon Internasional, Menjaga Lapisan Pelindung Bumi

Tak hanya itu saja, saat pegelaran berlangsung adapula seni pertujukan yang memperlihatkan kisah antara Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno yang memberikan bunga Anggrek kepada Kim Il Sungia sebagai presiden Korea Utara.

Di tahun 1964 silam, Presiden Soekarno melakukan lawatan ke Korea Utara untuk kunjungan kerja. Satu tahun setelahnya yaitu pada tahun1965, pemimpin Korea Utara kala itu Kim Il Sung berkesempatan membalas kunjungan ke Indonesia.

Saat itu Presiden Soekarno mengajak Kim Il Sung untuk berwisata melihat Kebun Raya Bogor. Di sana Presiden Soekarno memberikan sebuah bunga yaitu bunga Anggrek yang diberikan kepada Kim Il Sung.

Baca Juga: Sejarah Stadion Sangkuriang Cimahi, Kini Kondisinya Terbengkalai

Halaman:

Editor: Syarif Pulloh Anwari

Tags

Terkini

Terpopuler

X