• Kamis, 2 Desember 2021

Refleksi Peringatan Hari Tani Nasional di Lokasi Penggusuran Tamansari Bandung

- Minggu, 26 September 2021 | 11:41 WIB
Penampilan musik dari Selepas Hujan pada peringatan hari tani nasional di lokasi peggusuran Tamansari Bandung, Jumat, 24 September 2021.
Penampilan musik dari Selepas Hujan pada peringatan hari tani nasional di lokasi peggusuran Tamansari Bandung, Jumat, 24 September 2021.

KULTURNATIV.COM - Peringati hari tani nasional, sejumlah warga yang datang dari berbagai daerah di Bandung Raya menggelar acara di RW 11 Tamansari, Jumat, 24 September 2021.

Dalam peringatan hari tani nasional yang jatuh setiap 24 September, warga yang datang membuka mimbar refleksi, penampilan musik, puisi, dongeng serta berbagai lapak dagangan.

Tak lupa, hari tani nasional juga menjadi momentum untuk mengangkat kembali tragedi pembunuhan Salim Kancil, aktivis lingkungan yang melawan perampasan lahan oleh perusahaan tambang di Lumajang, Jawa Timur, pada 26 September 2015 lalu.

Baca Juga: Perwakilan Pegawai KPK Yang Tak Lulus TWK Himpun Surat Untuk Presiden di Aksi Kamisan Bandung

Salim Kancil dibunuh pada 26 September 2015 karena sikapnya yang menolak penambangan pasir ilegal di Pantai Watu Pecak di Desa Selok Awar-awar, Kecamatan Pasirian, sekitar 18km dari kota Lumajang, Jawa Timur.

Meski pelakunya telah divonis hukuman 20 tahun penjara, kejadian penganiayaan oleh perampas lahan masih terjadi hingga saat ini.

Dalam rilisan pers Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) yang terbit Januari 2021 tertulis bahwa dalam masa pandemi saja perampasan lahan masih saja terjadi. Hal ini sangat merugikan warga khususnya petani.

Baca Juga: Pantomim Wanggi Hoed pada Aksi Kamisan Bandung Peringatan 17 Tahun Kematian Munir di Bandung

Situasi ini melahirkan krisis berlapis yang dirasakan petani, masyarakat adat, nelayan, dan masyarakat miskin di desa dan kota, yang berada di wilayah-wilayah konflik tersebut.

Halaman:

Editor: Syarif Pulloh Anwari

Tags

Terkini

FOTO-FOTO Ratusan Bobotoh Geruduk Graha Persib

Minggu, 10 Oktober 2021 | 21:07 WIB

Kronologi Teror Bom Molotov di Kantor LBH Yogyakarta

Sabtu, 18 September 2021 | 20:38 WIB
X