• Minggu, 14 Agustus 2022

Film Peanut Butter Falcon: Kegigihan Dalam Balutan Romantisme dan Tawa

- Selasa, 24 Agustus 2021 | 18:38 WIB
Potongan gambar dari film The Peanut Butter Falcon (2019).
Potongan gambar dari film The Peanut Butter Falcon (2019).

KULTURNATIV.COM - Romantisme hadir bermula dari hal-hal kecil dalam problematika yang berbeda, saling mengenali diri sendiri lewat kebersamaan menjadi harmoni yang manis dalam menggapai suatu tujuan dan memunculkan hal lainnya yang tidak disangka namun bermakna. Hal tersebut digambarkan dalam kisah persahabatan tiga orang dalam menggapai mimpi menjadi pegulat.

Persahabatan yang terjalin diantara Zack dan Tyler diawali bagaimana Zack yang mengidap Down Syndrome bermimpi suatu saat bisa menjadi seorang pegulat profesional yang hebat seperti idolanya The Salt Water Redneck.

Keterbatasan bukan menjadi halangan bagi Zack yang kala itu terobsesi karena sering melihat tayangan gulat melalui video rekaman yang terus dia putar berkali-kali. Zack menjalani keseharian hidupnya di dalam panti jompo bersama beberapa orang tua senasib yang entah dimana keberadaan keluarganya. Misi Zack adalah bagaimana dia bisa keluar dari panti jompo dan mengelabui pengasuhnya Eleanor dan pergi ke sekolah gulat The Salt Water Redneck yang diiklankan dalam video itu. Carl bosan karena harus terus menonton video gulat setiap hari namun melihat kegigihan tekad anak itu pada suatu malam Carl membantu Zack membengkokan jeruji besi jendela dan menyarankan Zack melumasi badannya menggunakan sabun. Carl adalah teman satu kamar dengan Zack.

Keberhasilan itu membuat Zack sangat senang lalu berlari lalu bersembunyi dibawah terpal dan disitulah awal pertemuan kedua sahabat ini, Tyler yang kala itu juga akan melarikan diri dari pesaingnya bernama Duncan, saat mengetahui Zack pergi dari panti Eleanor mencarinya sebelum sang atasannya mengancam memindahkannya. Dengan adrenalin yang terus dipacu keterikatan mereka mulai terikat lewat obrolan dan Zack menceritakan keinginannya bahwa misinya ingin pergi ke sekolah gulat Salt Water Redneck. Tyler pemuda urakan yang ingin mencoba menjalankan hidup barunya di Florida akhirnya menjalankan tujuan masing-masing. Sempat pergi meninggalkan Zack namun Tyler kembali menemui Zack yang sedang dirundung dan dipaksa untuk lompat ke air sementara Zack tidak bisa, dengan sigap seperti pahlawan Tyler berlari ke atas menara dan melompat untuk menyelamatkan Zack.

Dalam perjalanannya menyusuri perkebunan jagung Tyler memustukan untuk pergi ke sebuah minimarket dan membeli beberapa keperluan, saat akan membayar muncul lah Eleanor yang tepat saat itu sedang mencari keberadaan Zack yang melarikan diri dari panti. Saat Eleanor bertanya pada Tyler apakah melihat dengan santainya bergurau dan sedikit menggoda Eleanor. Tetap berjalan menyusuri ladang hingga menyeberangi sungai, tragedi yang Tyler dan Zack tempuh bahkan hampir memisahkan ikatan mereka dengan hampir tertabrak oleh perahu udang yang besar.

BACA JUGA: Penyedia Jasa Off-Road Sepi Penumpang, Sebagian Supir Jual Mobilnya

Penggambaran karakter yang baik dan latar lanskap yang mendukung pula membuat film ini sangat bermakna, dengan alur yang bergitu sederhana ringan untuk dicerna namun menghanyutkan dengan irisan tipis dari komedi. Eleanor yang terus mencari akhirnya menemukan Zack yang sedang tertidur di pantai tanpa alas apapun karena semalam sudah melakukan “pesta” bersama Tyler dan pengukuhan nama The Peanut Butter Falcon, membujuk Zack untuk ikut pulang bersamanya, tapi Zack menolak itu dan melemparkan kunci mobil milik Eleanor untuk mau tidak mau ikut bersama mereka menggunakan rakit kayu yang dibuat di rumah seorang buta yang agamis.

Hak disabilitas yang dikesampingkan tersirat dalam film ini, bagaimana mereka mempunyai hak yang sama untuk menjalani hidup yang mereka inginkan. Dengan tekad yang menggebu-gebu untuk bertemu The Salt Water Redneck Zack pun berlatih bersama Tyler terus menerus hingga membuat Eleanor terkesan dengannya yang mampu menangkap ikan dengan tangan kosong sembari menyelupkan kepalanya ke sungai. Berenang bersama, berdansa di hutan rawa pada malam hari hingga aksi herok menyelamatkan Tyler yang akan ditembak oleh anak buah Duncan yang berhasil menemukannya.

Peran Zack merupakan kunci dari penjabaran karakter dalam hal ini mampu membuat alur sederhana yang bisa begitu dinikmati, dengan Tyler yang cuek namun tetap menganyomi dan Eleanor juga membuat keragaman peran menjadi semakin nyetel. Sampai pada dimana mereka bertiga menemukan rumah yang ditinggali oleh The Salt Water Redneck yang ternyata sudah pensiun dan seolah telah menutup gulatnya 10 tahun kebelakang, rasa kekecewaan tergambar dari raut wajah mereka terumata Zack yang sedari dulu ingin bertemu idolanya namun kenyataanya sudah pensiun.  

Halaman:

Editor: Java Anggara

Tags

Terkini

Gistara : Ruang Bermusik Bagi Gen Milenial

Rabu, 17 November 2021 | 21:07 WIB

Film Richard Jewell: Framing Media dalam Pembuatan Berita

Selasa, 28 September 2021 | 13:16 WIB

Sejarah Klub Sepak Bola Persib Bandung

Jumat, 24 September 2021 | 06:48 WIB

Terpopuler

X