Biang Kerok Aki Mobil Soak, Tangan segera dan Ketahui Penyebab Detailnya  

- Selasa, 6 Desember 2022 | 18:32 WIB
ilustrasi penyebab aki mobil soak (pixabay.com/kaboompics)
ilustrasi penyebab aki mobil soak (pixabay.com/kaboompics)

 

KULTURNATIV.COM - Seluruh kendaraan bermotor saat ini umumnya telah tertanam sistem injeksi, dimana teknologi ini sangat bergantung pada aki mobil atau baterai mobil. Untuk itu, kamu sebagai pemilik mobil sangat dianjurkan untuk mengetahui tentang kapasitas aki mobil.

 

Menurut laman resmi Suzuki, pada keadaan normal voltase aki mobil mobil harus berada di angka 12 sampai 12,5 volt, sementara saat mesin distarter tegangannya minimal harus 11,5 volt. Saat mesin hidup berarti aki mobil mobil dalam kondisi pengisian dengan volt sebesar 13 - 14 volt.

 

Jika daya aki kurang, voltase juga kurang dari angka normal, bisa dipastikan aki mobil sudah melemah dan tidak maksimal memasok listrik ke perangkat elektrikal mobil. Penyebab aki mobil jadi cepat kehabisan daya bisa macam-macam, antara lain;

 

Baca Juga: Menyapa Dompet Para Sultan, Mobil Listrik BMW Paling Mahal Akan Hadir di Indonesia

 

Habis Masa Pakai

Layaknya komponen mobil lain, aki mobil juga mempunyai umur pemakaian. Jika aki mobil sudah dipakai terlalu lama, tegangannya akan semakin berkurang.

 

Hal yang lebih parah lagi yaitu aki mobil tersebut sudah tidak mampu menerima hantaran listrik dari alternator sehingga butuh perbaikan.

 

Halaman:

Editor: A.T. Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Teh Hitam: Keajaiban dari Biji-bijian yang Dipanggang

Minggu, 29 Januari 2023 | 11:21 WIB

5 Restoran Baru yang Wajib Dikunjungi di Jakarta

Jumat, 27 Januari 2023 | 19:48 WIB

Terpopuler

X