Sri Mulyani : Khawatir Makin Banyak Orang Tua Hidup Miskin pada 2045

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 19:20 WIB
Sri Mulyani (Kulturnativ.com)
Sri Mulyani (Kulturnativ.com)

 

KULTURNATIV.COM – Dilansir dari Instagram @katadatacoid bahwa komposisi Indonesia akan berubah memasuki 100 tahun kemerdekaan Indonesia pada tahun 2045., ditandai jumlah populasi orang tua semakin banyak dibandingkan saat ini. Menteri Keuangan, Sri Mulyani memperingatkan, Indonesia perlu mempersiapkan diri dari sekarang agar tak banyak lansia di masa depan yang hidup miskin.

Jumlah penduduk Indonesi diperkirakan makin banyak pada tahun 2045 dari 270 juta pada tahun 2020 menjadi lebih dari 300 juta. Menurut Sri Mulyani, mengurus jumlah penduduk yang semakin besar bukanlah pekerjaan yang mudah.

Baca Juga: 3 Desember 2022 : Gempa Magnitudo 6,4 Mengguncang Kabupaten Garut

“Ini berarti jumlah rumah harus ditambah, WO juga, makanan harus ada, rumah sakit harus ditambah,” ujarnya dalam acara Mofest 2022, Kamis (01 Desember).

Sri Mulyani menekankan, tantangan Indonesia bukan hanya jumlah penduduknya yang makin banyak tetapi demografinya juga yang berubah.

Baca Juga: Harga BBM Non Subsidi Pertamina Resmi Naik di SPBU

Pasalnya, saat Indonesia merayakan HUT ke-100 tahun nanti diperkirakan jumlah penduduk tua makin banyak dari sekarang. Makin banyak penduduk yang semakin menu aini tentunya menuntut tersedianya pelayanan Kesehatan yang berbeda dibandingkan saat populasinya didominasi usia muda dan bugar.

“Itu dari sekarang harus mulai diperkirakan. Jangan sampai kalua dalam istilah Ekonomi, ada negara yang penduduknya sudah mulai menua tetapi mereka masih belum juga kaya, mereka masih miskin,” kata Sri Mulyani***

.

 

Editor: Tb. M. Safyudin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Teh Hitam: Keajaiban dari Biji-bijian yang Dipanggang

Minggu, 29 Januari 2023 | 11:21 WIB

5 Restoran Baru yang Wajib Dikunjungi di Jakarta

Jumat, 27 Januari 2023 | 19:48 WIB

Terpopuler

X