Tampilan Icon Google : Google Doodle Rayakan HUT Bapak Pencipta Video Game Jerry Lawson

- Kamis, 1 Desember 2022 | 11:53 WIB
Google Doodle tampilkan Jerry Lawson (tangkap layar utama google)
Google Doodle tampilkan Jerry Lawson (tangkap layar utama google)

KULTURNATIV.COM-Google Doodle hari ini merayakan hari kelahiran bapak game modern, Jerry Lawson. Apa yang membuatnya mendapat julukan itu?


Ia, yang lahir 82 tahun silam pada 1 Desember 1940, menjadi salah satu dari sedikit warga kulit hitam di industri game pada saat itu. Lawson bahkan memimpin tim yang mengembangkan sistem video game rumahan pertama dengan kartrid (cartridge) game yang bisa dipertukarkan.

Atas kontribusinya selama masa-masa awal video game, Lawson dijuluki sebagai "father of the video game cartridge".

Dikutip situs blog-nya, Google membuat koleksi game Doodle interaktif untuk menandai ulang tahun ke-82 Lawson pada hari ini sekaligus untuk menghormati kontribusi insinyur elektronik Amerika itu pada dunia game.

Baca Juga: Menolak Tua Pep Guardiola Akhirnya Resmi Perpanjang Kontrak Dengan Manchester City Hingga 2025

Permainan tersebut mengingatkan pada gim video awal tahun 1970-an, membawa Anda dalam perjalanan melalui poin-poin penting dalam karier Lawson dan menawarkan sekilas grafis dan tujuan gim awal.

Lahir di Brooklyn, New York pada 1 Desember 1940, Gerald "Jerry" Lawson mulai mengutak-atik perangkat elektronik sejak usia dini, memperbaiki TV dan membangun stasiun radio sendiri dari suku cadang yang dibelinya dari toko elektronik lokal.

Setelah mengenyam pendidikan di Queens College and City College of New York, Lawson pindah ke California dan bergabung dengan perintis Silicon Valley, Fairchild Semiconductor pada 1970 sebagai konsultan teknik aplikasi.

Saat berada di Fairchild, Lawson membuat Demolition Derby, sebuah game petualangan dioperasikan dengan koin, yang merupakan salah satu game pertama ditenagai oleh mikroprosesor.
Baca Juga: Ini Dia Rekomendasi Film Bertema Natal Terbaik 2022
Pada pertengahan 70-an, dia dipromosikan menjadi direktur teknik dan pemasaran departemen video game Fairchild, di mana dia memimpin pengembangan konsol Fairchild Channel F.

Game didesain khusus untuk menggunakan kartrij yang dapat ditukar, Channel F juga menampilkan joystick delapan arah yang dirancang oleh Lawson dan tombol jeda (pause) pertama di konsol video game.

Lawson meninggalkan Fairchild pada 1980 untuk membentuk Videosoft, pengembang video game yang membuat perangkat lunak untuk Atari 2600, salah satu game konsol populer yang memanfaatkan sistem kartrid yang dapat ditukar yang dibuat oleh Lawson.

Meskipun perusahaan ditutup lima tahun kemudian, Lawson telah memantapkan statusnya sebagai pionir industri dan mulai menjadi konsultan untuk proyek lain.

Baca Juga: Rahasia Yang Tidak Diketahui Banyak Orang, Ternyata Madu Dapat Seimbangkan Gula Darah

Pada 2011, Asosiasi Pengembang Game Internasional mengakui Lawson sebagai perintis industri atas karyanya dalam konsep kartrid game, dikutip dari CNet.

Tampilan permanen di Hall of Fame Video Game Dunia di Rochester, New York juga menyoroti kontribusi Lawson untuk bermain game.

Lawson meninggal karena komplikasi diabetes sekitar sebulan setelah dihormati oleh International Game Developers Association (IGDA) pada 2011.

Desain Google doodle dan game dibuat bekerja sama dengan anak-anak Lawson, dirancang oleh seniman dan desainer game yaitu Davionne Gooden, Lauren Brown dan Momo Pixel.***

Editor: Dimas Panduwijaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Teh Hitam: Keajaiban dari Biji-bijian yang Dipanggang

Minggu, 29 Januari 2023 | 11:21 WIB

5 Restoran Baru yang Wajib Dikunjungi di Jakarta

Jumat, 27 Januari 2023 | 19:48 WIB

Terpopuler

X