• Kamis, 19 Mei 2022

Jatuh Bangun Anthony Ginting Dari Mata Pelatih Bulutangkis Masa Kecilnya

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 22:58 WIB
Anthony Ginting dan sang pelatih masa kecilnya, Dian Supriatna. (dokumen pribadi)
Anthony Ginting dan sang pelatih masa kecilnya, Dian Supriatna. (dokumen pribadi)

KULTURNATIV.COM - Di setiap perjalanan karir seorang atlet, akan selalu ada seseorang yang berandil besar dalam memberi bekal berharga. Tak terkecuali bagi Anthony Ginting, peraih medali perunggu di ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Orang tersebut adalah Dian Supriatna, pelatih Ginting sejak duduk di bangku sekolah. Prestasi yang diraih Ginting hari ini takkan bisa lepas dari kisah perjuangannya.

Kami berkesempatan menemui Dian Supriatna di kediamannya beberapa waktu lalu. Tepat siang hari kami mengitari sepanjang jalan Ciawitali Selatan, Kota Cimahi yang juga merupakan kota kelahiran Ginting.

Dian bercerita bahwa dirinya bertemu Ginting sejak sang atlet tersebut masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Saat itu sang atlet bersekolah di SD Pandu dan sudah mendapat gelar juara mewakili Jawa Barat.

“Ia, dia itu dulu juara satu mewakili Jawa Barat saat kelas 5 SD. Di nasional dia peringkat 3, kalah sama Jonathan Christie, kalah rubber set,” kata Dian saat diwawancara, Selasa, 3 Agustus kemarin.

Dari torehan prestasi yang diceritakannya seakan menegaskan bahwa Ginting memang telah memiliki bakat sejak kecil. Namun, kisahnya tak hanya bergulir begitu saja, Dian menceritakan juga bahwa Ginting sendiri mengalami beberapa kejadian yang tidak mengenakan dalam perjalanan karir di dunia bulutangkis.

Dian menceritakan pengalamannya saat melatih Ginting. Setelah meraih prestasi di tingkat SD, Ginting kembali menjadi mewakili Jawa Barat, kali ini ia duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Saat itu ia meraih peringkat 3 dikalahkan Rohmat perwakilan dari Serang.

Singkat cerita, Ginthing sempat diragukan karena terlalu muda untuk mengikuti kejuaraan nasional berikutnya. Namun dirinya berhasil membuktikan dengan mewakili Jawa Barat dan menjadi juara 1 dalam Kejuaraan Nasional tahun 2012. Saat itu Ginting bertemu Feby Mutiara yang lebih di unggulkan, dalam klasemennya Ginting jauh di bawah Feby Mutiara.

Selain menceritakan beberapa prestasi yang pernah Ginting raih, Dian juga mengingat dimana saat Ginting mengalami masa-masa sulit.

Halaman:

Editor: Java Anggara

Tags

Terkini

Sejarah Klub Sepak Bola Persib Bandung

Jumat, 24 September 2021 | 06:48 WIB

Terpopuler

X