• Kamis, 19 Mei 2022

Memprotes 12.12, Pemuda di Bandung Beri Alternatif Konsep Mutual Aid

- Senin, 13 Desember 2021 | 19:27 WIB
(Penulis : Muchammad Dikdik R Aripianto)
(Penulis : Muchammad Dikdik R Aripianto)

KULTURNATIV.COM - Berangkat dari sebuah budaya yang entah dari mana datangnya, di setiap tanggal cantik, contohnya 12.12 kemarin, handphone kalian diramaikan dengan notif e commerce atau jual beli dengan diskon yang menggiurkan untuk jari-jemari kalian meng-klik-nya.

Bahkan, televisi nasional pun menyiarkan serempak salah satu e commerce belanja online tersebut. Teringat akan lagu band dari 'Efek Rumah Kaca' dengan judul 'Belanja Terus Sampai Mati'. Implementasi itupun terealisasikan detik ini.

Pemerintah pun membuat notif setiap tanggal 12 Desember dijadikan Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas. Diskon pun ada dimana-dimana seakan merayu setiap orang untuk ramai membeli aneka produk. Namun, sekelompok anak muda di Kota Bandung justru memilih berkonfrontasi, berupaya menjungkirbalikkan narasi.

Mereka menggeruduk beberapa pusat perbelanjaan di pusat kota, mengampanyekan agar masyarakat mengurangi belanja. Mereka memprotes budaya belanja berlebihan.

Salah satu yang jadi sasaran adalah mal Bandung Indah Plaza (BIP) di Jalan Merdeka. Puluhan anak muda itu berkumpul dan berorasi menegaskan anti terhadap budaya konsumerisme, Minggu (12/12/2021), sore kemarin sekira pukul 15.00 WIB.

Mereka sepakat menilai bahwa diskon besar-besaran itu akan turut memupuk mental buruk konsumerisme tersebut. Menurut mereka juga, promo besar-besaran sejatinya hanya bujuk rayu para pemodal yang ujung-ujungnya hanya menguntungkan kalangan sendiri.

"Ini bentuk protes diskon 12/12 yang dibuat oleh para pemodal kapitalis yang ujungnya hanya menguntungkan mereka saja," ungkap seorang orator.

Lebih jauh, mereka mengecam kapitalisme sebagai sistem yang dianggap memayungi gerak perekonomian saat ini.

Di depan BIP, mereka merentangkan spanduk dan menunjukan poster-poster protes. Di antaranya bertuliskan,

Halaman:

Editor: Syarif Pulloh Anwari

Tags

Terkini

Gistara : Ruang Bermusik Bagi Gen Milenial

Rabu, 17 November 2021 | 21:07 WIB

Film Richard Jewell: Framing Media dalam Pembuatan Berita

Selasa, 28 September 2021 | 13:16 WIB

Sejarah Klub Sepak Bola Persib Bandung

Jumat, 24 September 2021 | 06:48 WIB

Terpopuler

X