• Kamis, 19 Mei 2022

Apa Itu Ikan Cikalang, yang Menyebabkan Pemain Indonesia Kevin Sanjaya Tertahan di Bandara Finlandia

- Jumat, 24 September 2021 | 07:31 WIB
Kevin Sanjaya pemain ganda putra bulutangkis Indonesia (foto instagram Kevin Sanjaya)
Kevin Sanjaya pemain ganda putra bulutangkis Indonesia (foto instagram Kevin Sanjaya)

KULTURNATIV.COM - Jelang Piala Sudirman 2021, kontingen Indonesia Kevin Sanjaya harus tertahan saat tiba di Bandara Internasional Helsinki Airport Vantaa, Finlandia, Rabu (22/9/2021).

Kevin Sanjaya yang merupakan pemain bulutangkis ganda putra bersama Marcus Fernaldi Gideon harus menghadapi pihak petugas bandara disebabkan Kevin membawa ikan cikalang.

Anjing pelacak di bandara itu mengendus koper milik Kevin yang diduga berisi benda mencurigakan. Walau akhirnya dikatuhi berupa makanan, Kevin harus tertahan oleh pihak keamanan bandara.

Kejadian Kevin tertahan dari unggahan video video di instagram resmi Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Finlandia yaitu @indonesiainhelsinki pada Kamis (22/09/21).

Dalam video yang berdurasi 9 menit 12 detik itu tak tampak Kevin Sanjaya, padahal seharusnya Kevin ada di sana bersama para rombongan.

Sementara itu, ikan cikalang merupakan adalah ikan berukuran sedang dari familia Scombridae (tuna). Satu-satunya spesies dari genus Katsuwonus. Cikalang terbesar, panjang tubuhnya bisa mencapai 1 m dengan berat lebih dari 18 kg. Cikalang yang banyak tertangkap berukuran panjang sekitar 50 cm.

Ikan Cikalang punya kandungan nutrisi yang dianggap memberikan manfaat bagi tubuh manusia. Ikan ini masuk ke dalam keluarga tuna.

Di dalam 102 gram, setidaknya terdapat 124 kalori ikan cakalang, 26 gram protein, dan 1 gram lemak. Jumlah protein ini lebih banyak dibandingkan dengan protein yang terdapat di dalam 112 gram tuna yaitu, hanya sekitar 20 gram.

Editor: Syarif Pulloh Anwari

Tags

Terkini

Sejarah Klub Sepak Bola Persib Bandung

Jumat, 24 September 2021 | 06:48 WIB

Terpopuler

X