• Selasa, 25 Januari 2022

Sepak Bola Asal Cimahi, Menyumbang Stiker Handal Bernama S Lontoh Bagi Timnas Hindia Belanda

- Minggu, 19 September 2021 | 12:49 WIB
Sumber foto : Tjimahiheritage.blogspot.com
Sumber foto : Tjimahiheritage.blogspot.com

KULTURNATIV.COM - Cimahi memiliki klub sepakbola yang sudah ada sejak jaman Hindia Belanda. Nama klubnya bernama Velocitas van Tjimahi yang bermarkas di Velocitas Terrein atau Lapangan Rajawali sekarang.

Jaman Hindia Belanda, di Kota Bandung juga melahirkan klub lokal seperti L.A. = Luchtvaart Afdeeling, L.U.N.O. = Laat U Niet Overwinnen, Sidolig  = Sport in de open lucht is gezond dan UNI = Uitspanning Na Inspanning. 

Velocitas van Tjimahi merupakan wadah resmi klub sepakbola yang sejatinya berisikan pemain dengan latar belakang militer.

Baca Juga: Patung Persib 'Monumen Sepakbola' yang Berada di Jalan Tamblong Bandung Direvitalisasi, Begini Sejarahnya

Sementara rival mereka di Bandung juga mendirikan klub sepakbola dengan materi para personel militer dengan nama klub SPARTA Bandoeng yang bermarkas di Lapangan Sparta yang kini menjadi Stadion Siliwangi.

Dikutip dari blog Tjimahiheritage.blogspot.com ditulis Kang Ope yang memiliki nama lengkap Mochamad Sopian Ansori sebagi pegiat jelajah di Tjimahi Heritage.

Kiprah klub sepakbola Velocitas van Tjimahi pada Turnamen Sepakbola di Kota Bandung, yang digelar dari tahun 1915 hingga tahun 1939 mampu meraih juara sebanyak 2 kali, yaitu pada musim 1927-1928 dan musim 1931/1932.

Baca Juga: James Catton Mengenyam Ilmu Kedokteran Berbelok Menjadi Seorang Jurnalis Sepakbola

Dan yang paling membanggakan bagi sejarah di Kota Cimahi adalah Velocitaa van Tjimahi melahirkan sosok stiker bernama S Lontoh yang menjadi stiker utama di Timnas Nasional Hindia Belanda.

Halaman:

Editor: Syarif Pulloh Anwari

Tags

Terkini

Sejarah Klub Sepak Bola Persib Bandung

Jumat, 24 September 2021 | 06:48 WIB
X