• Kamis, 19 Mei 2022

Sapir Berman, Wasit Transgender Pertama di Sepak Bola Israel yang Menjadikan Simbol Kesetaraan Gender

- Selasa, 14 September 2021 | 15:31 WIB
foto instagram Sapir Berman, @sapir_berman
foto instagram Sapir Berman, @sapir_berman

KULTURNATIV.COM - Kesetaraan hak gender memang harus selalu dijunjung dan dijalani, bukan hanya sekedar dipahami belaka. Melalui keberagaman dan rasa saling menghargai akan memberikan rona yang indah dalam setiap unsur kehidupan.

Hal ini terjadi dalam pertandingan sepakbola kasta tertinggi liga Israiel antara Beitar Jerusalem melawan Hapoel Haffa yang dipimpin oleh wasit Sagi Sapir Berman.

Wasit berusia 26 tahun itu merupakan seorang transgender, keputusannya ini mendapatkan dukungan dan sambutan yang hangat dari semua pihak yang terlibat semisal, (IFA) Asosiasi Sepakbola Israel, (UEFA) Konfederasi Sepakbola Eropa hingga (FIFA) badan induk sepakbola dunia.

Baca Juga: Bob Marley Musik dan Sepak Bola Adalah Kebebasan

Dalam konferensi pers, Sapir secara terbuka mengatakan peralihan gendernya dan selalu melihat dirinya sendiri sebagai wanita sejak usia muda, juga rasa hormat disekelilingnya membuat ia merasa mampu untuk mengambil bagian dalam proses ini.

Menurutnya bahwa ini merupakan langkah pertama dalam perjalanan panjang dan begitu indah, Sapir kami bangga melakukannya dengan anda.

Momen membanggakan ini menjadi tolak ukur bagaimana sepakbola menjadi wadah untuk menularkan sukacita bukan menularkan teror-teror yang membuat sepakbola menjadi tercoreng.

Baca Juga: Bob Marley Musik dan Sepak Bola Adalah Kebebasan

Dalam survey yang dilakukan oleh lembaga Stonewall menunjukan bahwa 72 persen supporter pernah melalukan tindakan yang tidak ramah pada periode 2016.

Halaman:

Editor: Syarif Pulloh Anwari

Tags

Terkini

Gistara : Ruang Bermusik Bagi Gen Milenial

Rabu, 17 November 2021 | 21:07 WIB

Film Richard Jewell: Framing Media dalam Pembuatan Berita

Selasa, 28 September 2021 | 13:16 WIB

Sejarah Klub Sepak Bola Persib Bandung

Jumat, 24 September 2021 | 06:48 WIB

Terpopuler

X