• Jumat, 1 Juli 2022

Sejarah Lahirnya Hari Olahraga Nasional (Haornas) 9 September, Berawal Pembuktian Indonesia pada Dunia

- Kamis, 9 September 2021 | 20:44 WIB
Logo Hari Olahraga Nasional (Haornas)
Logo Hari Olahraga Nasional (Haornas)

KULTURNATIV.COM - Setelah tiga tahun Indonesia merdeka tepatnya pada tahun 1948, pada perhelatan olahraga Olimpiade XIV/1948 di kota London, Inggris. Para atlet Indonesia tidak bisa mengikuti kejuaraan Olimpiade tersebut.

Hal itu dikarenakan kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia masih belum diakui oleh masyarakat dunia serta paspor Indonesia masih tidak diakui oleh Pemerintah Inggris.

Para atlet Indonesia pun menolak pada perhelatan Olimpiade itu, sebab pihak penyelenggara memperboleh atlet Indonesia yang diterima hanya menggunakan paspor Belanda.

Baca Juga: 9 September, Kilas Balik Hari Olahraga Nasional Hingga Kini

Dikutip dari laman resmi Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara, peringatan Haornas bermula dari penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang pertama yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah pada 9 - 12 September 1948.

Karena ada penolakan oleh pihak Olimpiade, pihak pemerintah Indonesia pun membuat perhelatan olahraga dalam negeri sendiri. Hal itu sebagai bentuk pembuktian kepada dunia bahwa Indonesia yang baru merdeka mampu menyelenggarakan kegiatan olahraga skala nasional.

Baca Juga: Sosok Pembantai Bernama Westerling Sempat Bersembunyi di Hotel Tjimahi

Kegiatan PON pertama kali ini, banyak para atlet antusias, saat itu ada 600 atlet yang mengikuti PON dengan bertanding pada 9 cabang olahraga untuk merebutkan 108 mendali.

Sampai saat ini pun, perhelatan pon sudah diadakan sebanyak 19 kali, namun saat terjadi G30S/PKI perhelatan tidak diadakan.

Halaman:

Editor: Syarif Pulloh Anwari

Tags

Terkini

Sejarah Klub Sepak Bola Persib Bandung

Jumat, 24 September 2021 | 06:48 WIB

Terpopuler

X