• Kamis, 19 Mei 2022

FA Papua Barat Menjadi Anggota Konfederasi Asosiasi Sepak Bola Independen

- Sabtu, 4 September 2021 | 20:13 WIB
Logo Football Associations West Papua, sumber twitter @OfficialFAWP
Logo Football Associations West Papua, sumber twitter @OfficialFAWP

KULTURNATIV.COM - Football Associations (FA) West Papua merupakan asosiasi sepakbola yang menghimpun dunia sepak bola di Papua Barat pada tahun 2017, yang bermarkas di Den Haag, Belanda.

Menurut Presiden CONIFA untuk Asia, Jens Jockel, dilansir pada halaman CONIFA, bahwa FA WEST Papua sendiri telah terdaftar di Confederation of Independent Football Associations (CONIFA) pada tahun 2019.

CONIFA juga mengadakan piala dunia,  piala liga dan super cup. Dengan kompetisi yang dibuat oleh CONIFA membuat tim West Papua dapat menjalankan pertandingan international pertamanya. 

Baca Juga: 4 September Peringati Hari Kesehatan Seksual, Membicarakan Kesehatan Seksual Sama Pentingnya

Sekretaris Jenderal CONIFA Duetkop menjelaskan setiap perwakilan harus membawa bendera dan lagu kebangsaan sendiri. Serta tak diizinkan membawa pesan politik.

“Mereka akan bermain di bawah bendera sendiri. Kami menjalankan peraturan yang mirip dengan yang dimiliki oleh FIFA. Jadi, semua tim bermain dibawah bendera sendiri dengan lagu kebangsaan sendiri, hanya itu. Tidak ada pesan politik yang diizinkan. Mereka tidak diizinkan untuk menggunakan poster bertuliskan “Free West Papua”, ungkap Duerkop.

Dengan adanya agenda dan pertemuan lalu melakukan rangkaiam ujicoba itulah yang menjadi ajang FA West Paspua bertemu dengan pengurus dari CONIFA pada tahun 2019 di Belanda.

Baca Juga: CONIFA, Federasi Sepak Bola Alternatif Bagi Bangsa yang Tak Diakui FIFA

Selama pertemuan ini mennyatakan bahwa FA WEST Papua memilih menjadi bagian CONIFA Asia walau secara geografis sendiri wilayah Papua Barat lebih condong ke Oceania.

Tim West Papua sendiri sudah menjalankan beberapa pertandingan uji coba international , salah satunya pada tahun 2019 mereka melakukan uji coba melawan Turkishtan Timur (Uyghur).

Halaman:

Editor: Syarif Pulloh Anwari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejarah Klub Sepak Bola Persib Bandung

Jumat, 24 September 2021 | 06:48 WIB

Terpopuler

X